Sebenarnya, garis merah adalah fitur di dalam Word, yang memungkinkan pengguna bisa mengetahui kesalahan kata dari segi ejaan maupun grammar. Namun, garis merah sering dianggap tidak nyaman, karena itu cara menghilangkan garis merah di Word harus dilakukan.

Santai, garis merah di Word 2007 atau Word 2010 sangat mudah dihilangkan. Setelah menghilangkannya, kamu akan merasa lebih nyaman ketika mengetik di Word. Berikut bisa kamu simak cara menghilangkan garis merah di Microsoft Word:

Cara Menghilangkan Garis Merah di Microsoft Word

Cara Menghilangkan Garis Merah di Microsoft Word

Garis merah atau proofread sebenarnya fitur Word yang sangat berguna. Fitur ini akan memudahkanmu mengecek typo dan susunan kata yang salah. Jadi, kamu tidak perlu mengecek dokumen tersebut di situs online atau Google Sheets.

Garis merah memang biasa muncul karena proofread yang digunakan adalah bahasa Inggris dan kamu mengetik bahasa Indonesia. Jangan khawatir, jika kamu terganggu dengan garis merah di Word, cara menghilangkannya adalah seperti di bawah ini:

1.Menghilangkan Garis Merah di Word 2013 dan 2016

Jika kamu menggunakan Word 2013 dan Word 2016, cara menghilangkan garis merah atau proofreading adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen Word yang ingin dihilangkan garis merahnya.
  • Setelah dokumen terbuka, klik File di pojok kiri atas.
  • Setelah menu terbuka, langsung saja pilih Options.
  • Di menu Options, kamu bisa pilih Proofing.
  • Setelah menu Proofing terbuka, hapus tanda ceklis di opsi Check Spelling as You Type untuk menghilangkan garis merah. (Jika ingin menghilangkan garis hijau, maka bisa hilangkan tanda centang di opsi Mark Grammar Error as You Type)
  • Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah kamu buat.
  • Selesai, sekarang kembali ke dokumen, di sana bisa kamu lihat bahwa semua garis merah di Word hilang.
  • Ini berlaku tidak hanya pada dokumen tersebut, namun seluruh dokumen yang dibuka menggunakan komputer/laptop milikmu.

2. Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2010 ke Bawah

Jika kamu pengguna Word 2010 ke bawah (2007 & 2003), cara menghilangkan garis merah agak berbeda dengan versi Word 2013 dan Word 2016. Tenang, caranya sama mudahnya kok, ikuti instruksinya seperti di bawah ini:

  • Buka dokumen Word yang ingin dihilangkan garis merahnya.
  • Setelah terbuka, klik Office Button yang berada di pojok kiri atas.
  • Setelah terbuka, klik Word Options yang berada di bawah.
  • Selanjutnya pilih menu Proofing, lalu hapus ceklis di opsi Check Spelling as You Type (untuk menghilangkan garis merah) dan Grammar Errors as You Type (untuk menghilangkan garis hijau).
  • Terakhir klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.
  • Selesai, garis merah yang ada di dokumen Word tersebut (dan dokumen Word lainnya) akan hilang.

Fungsi Garis Merah yang Ada di Word

Fungsi Garis Merah yang Ada di Word

Fungsi garis merah pada Word adalah untuk menunjukkan kepada pengguna ketika mereka melakukan kesalahan ejaan dalam mengetik. Ketika salah ketik atau typo, garis merah tersebut akan langsung muncul otomatis di bawah kata yang salah.

Artinya, berkat garis merah ini, segala macam typo dalam dokumen bisa dihindari. Jadi, dokumen tersebut akan terhindari dari revisi akibat salah ketik (setelah dicetak). Pengecekan typo ini hanya bisa dilakukan pada bahasa yang di-set sesuai dengan regional Word.

Jadi, ketika regional yang kamu set adalah UK (Inggris), maka bahasa yang bisa dicek typo adalah Bahasa Inggris. Jika ingin mengcek typo Bahasa Indonesia, maka harus download terlebih dahulu di official store Microsoft.

Baca Juga :

Cara Membuat Kop Surat Resmi di Microsoft Word 2010

Cara menghilangkan garis merah di Word sangat mudah, kamu hanya butuh menonaktifkan pengecekan typo dan grammar di pengaturan Word. Sekarang kamu bisa mengetik dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan nyaman karena garis merah mengganggu sudah hilang.


Sumber Link