Mencetak foto berbagai ukuran bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan saat ini. Kamu cuma memerlukan peralatan seperti komputer atau laptop, file foto, aplikasi untuk mengatur ukuran foto, kertas foto, dan printer. Kali ini kamu akan belajar tentang ukuran foto 4R serta cara mencetaknya.

Pada tutorial ini, kamu tidak akan diminta menginstall aplikasi baru. Gunakan saja aplikasi yang sudah pasti ada di semua laptop atau komputer, yaitu Microsoft Word. Tanpa perlu lama-lama lagi, langsung simak saja penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ukuran Foto 4R dalam Satuan MM, CM, dan Inci

Ukuran Foto 4R dalam Satuan MM, CM, dan Inci

Ukuran foto seri R sudah ditetapkan standarnya, termasuk untuk ukuran 4R. Berikut ini daftar ukuran 4R dalam satuan milimeter, centimeter, dan inci.

  1. Ukuran 4R dalam satuan milimeter memiliki lebar atau width 102 mm dan tinggi atau height-nya 152 mm.
  2. Dari satuan milimeter di atas, kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa ukuran 4R di dalam satuan centimeter adalah 10,2 x 15,2 cm. Tentu saja 10,2 cm untuk width dan 15,2 cm untuk height.
  3. Selain milimeter dan centimeter, satuan inci juga cukup sering dipakai dalam sistem komputer. Terutama untuk perangkat yang menggunakan bahasa Inggris Amerika Serikat. Ukuran 4R dalam satuan inci adalah 4 x 6 inci.

Supaya lebih mudah untuk dipahami, lebih baik perhatikan tabel di bawah ini.

Satuan Width (lebar) Height (tinggi)
MM 102 mm 152 mm
CM 10,2 cm 15,2 cm
Inci 4 inci 6 inci
Pixel 800 px

1200 px

1200 px

1800 px

Cara Print Foto Ukuran 4R dengan Microsoft Word

Cara Print Foto Ukuran 4R dengan Microsoft Word

Kebanyakan orang menggunakan Adobe Photoshop untuk mencetak foto. Namun kamu tidak perlu menginstall aplikasi tersebut jika belum memilikinya. Pasalnya, aplikasi Microsoft Word pun sudah lebih dari cukup jika hanya dipakai untuk keperluan cetak foto.

1. Siapkan Alat & Bahan

Sama seperti ketika akan cetak foto di Photoshop, kamu perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • File foto yang akan dicetak
  • Laptop atau PC
  • Aplikasi Microsoft Word versi berapa pun
  • Kertas foto
  • Printer

2. Masukkan Foto ke Word

Apabila semua peralatan dan bahan sudah disiapkan, sekarang saatnya untuk mulai mengedit foto. Buka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu. Kemudian gunakan tab menu Insert untuk memilih opsi Pictures.

Kamu akan diarahkan ke Windows Explorer untuk memilih file foto yang akan dicetak. Klik pada foto tersebut, kemudian klik Insert. Kamu juga bisa langsung memasukkannya ke dokumen dengan klik dua kali pada foto.

Selain dengan cara di atas, kamu juga dapat memasukkan foto ke Word dengan cara mengcopynya terlebih dahulu dari Explorer. Kemudian buka Word dan paste di sana.

3. Sesuaikan Ukuran Foto

Ada beberapa langkah penting yang perlu kamu lakukan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4R. Ingat lagi, berapa cm ukuran foto 4R itu? Lihat tabel ukuran di atas untuk mengingatnya kembali. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti ukuran fotonya.

  • Klik foto yang sudah dimasukkan ke Word.
  • Sekarang klik pada tab Format yang letaknya ada di paling kanan.
  • Temukan menu Size.
  • Klik simbol explore atau panah kecil yang ada di sudut kanan bawah kelompok menu Size.
  • Ketika muncul sebuah window baru, hilangkan tanda centang pada opsi lock aspect rasio dan relative to original picture size.
  • Kemudian ubah ukuran width dan height menjadi 102 mm dan 152. Kamu juga bisa mengubahnya dalam pixel menjadi 800 px dan 1200 px.

4. Cetak/ Print Foto

Setelah ukuran gambar disesuaikan, kamu bisa langsung mencetak fotonya menggunakan menu File dan pilih Print.

Jika kamu menggunakan ukuran kertas foto 4R, sesuaikan ukuran dokumen terlebih dahulu menggunakan tab menu page layout. Ubah ukuran kertasnya di menu Sizecustom size.

Penggunaan Foto dengan Ukuran 4R

Ukuran Foto 4R

Foto ukuran 4R umumnya dipakai dalam album foto. Ukuran 4×6 inci memang ideal untuk dokumen tersebut karena tidak terlalu kecil, namun juga tidak begitu besar. Biasanya, dalam satu halaman album berisi 2-4 foto 4R. Namun ada juga album kecil yang setiap halamannya berisi satu foto 4R.

Tak hanya di album foto, ukuran 4R juga biasa dipakai untuk memajang foto menggunakan pigura. Umumnya, foto tersebut diletakkan di meja atau ditempelkan di dinding.

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu tentu sudah memahami ukuran foto 4R beserta cara mencetaknya. Jadi, tunggu apa lagi? Cetak foto-fotomu sekarang juga.


Sumber Link