Di era digital seperti saat ini, tingkat kejahatan digital kian meningkat. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah kasus akun Instagram dihack dan tentu saja ini sangat berbahaya.

Biasanya dari akun yang berhasil dihack, hacker akan memanfaatkan identitas pemilik untuk menipu orang lain. Selain itu, jika followers akun tersebut banyak, biasanya hacker akan meminta tebusan untuk proses pengembalian akun.

Tentu sangat mengerikan jika hal tersebut terjadi pada akun kamu. Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan pengamanan pada akun Instagram yang kamu miliki agar tidak mudah dibobol oleh Hacker nakal.

Tips Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Mudah Dihack

1. Menggunakan Password yang Kuat

Menggunakan Password yang Kuat
Menggunakan Password yang Kuat – Foto: kinstacdn.com

Langkah pertama yang harus dilakukan agar akun menjadi lebih aman adalah dengan menggunakan password yang kuat. Hindari untuk menggunakan password umum yang biasa digunakan dan mudah ditebak.

Contohnya seperti tanggal lahir, nama, dan sebagainya. Gantinya, kamu bisa menggunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka, dan simbol. Dengan demikian, password akun Instagram jadi lebih sulit ditebak.

2. Aktifkan Authentikasi 2 Langkah

Authentikasi 2 Langkah
Authentikasi 2 Langkah – Foto: wp.com

Bagaimana jika password yang sudah dibuat ternyata masih dapat ditebak? Maka selanjutnya kamu bisa mengaktifkan fitur authentikasi 2 langkah. Dengan fitur ini, pengguna harus memasukkan kode verifikasi setelah proses input password.

Jadi, meskipun password yang dimasukkan benar, pengguna terlebih dahulu harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS sebelum dapat mengakses akun Instagram.

Selain itu, kamu juga bisa menyimpan kode verifikasi 2 langkah yang dibuat langsung setelah fitur diaktifkan. Hal ini untuk berjaga-jaga bila HP atau SIM Card yang digunakan verifikasi hilang. Jadi, kamu tetap bisa login dengan kode yang disimpan di awal.

3. Hindari Membuka Link Mencurigakan

Link Berbahaya
Link Berbahaya – Foto: wolfmillionaire.com

Biasanya salah satu metode hacker dalam membobol akun adalah dengan mengirimkan link berbahaya melalui Direct Message atau DM Instagram. Umumnya pengguna akan diberikan pancingan, seperti untuk mendapatkan centang biru atau lainnya.

Perlu diketahui bahwa Instagram tidak pernah mengirimkan pesan pribadi kepada seluruh penggunanya. Jadi, pastikan kamu agar tidak terjebak dengan link yang dikirimkan oleh akun tertentu pada Direct Message kamu.

Artikel Terkait Instagram Lainnya:

4. Lihat Riwayat Login Akun

Riwayat Login Instagram
Riwayat Login Instagram – Foto: aloinstagram.com

Selanjutnya, kamu bisa melakukan monitoring riwayat login yang terjadi pada akun Instagram. Kamu bisa melihat lokasi dan tanggal saat proses login terjadi. Apabila terdapat hal mencurigakan, segera ubah password Instagram kamu.

5. Logout Akun dari Perangkat Lainnya

Logout Instagram
Logout Instagram – Foto: caradasar.com

Apabila kamu sering login menggunakan perangkat milik teman atau perangkat umum yang digunakan bersama, pastikan untuk selalu melakukan logout setelah selesai menggunakan Instagram.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pembobolan pada akun Instagram dari pihak yang kurang bertanggung jawab.

6. Jaga Keamanan Perangkat

Waspada Virus
Waspada Virus – Foto: sodagarkomputer.com

Setelah mengamankan akun Instagram, kamu juga harus memastikan bahwa perangkat yang kamu gunakan juga dalam keadaan “sehat”. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi antivirus terbaik untuk memastikannya.

Selain itu, hindari juga penggunaan aplikasi yang bisa membahayakan perangkat. Contohnya seperti aplikasi VPN atau aplikasi bajakan yang berbahaya. Usahakan untuk selalu melakukan download melalui situs resmi tiap aplikasi.

7. Lindungi Akun Terkait Lainnya

Melindungi Akun Email
Melindungi Akun Email – Foto: consoltech.com

Terakhir apabila seluruh tahapan telah dilakukan, maka kamu juga perlu mengamankan seluruh akun yang terkait dengan akun Instagram, seperti halnya email untuk keperluan login.

Kamu perlu menggunakan password yang sama kuatnya untuk login ke email dan aktifkan pula authentikasi dua langkah. Tentu saja apabila email kamu dapat dihack oleh Hacker, maka kesempatan mereka mengambil alih akun Instagram kamu akan lebih mudah.

Jadi, agar akun Instagram kamu tidak mudah dihack, pastikan kamu sudah melakukan seluruh tips di atas ya. Selain itu, usahakan untuk selalu mengganti password kamu secara berkala.




Sumber Link