Sebagai seorang administrator yang bertugas melakukan monitoring banyak perangkat jaringan dan server, tentunya akan sangat sulit apabila harus melakukannya secara manual. Zabbix adalah salah satu solusi gratis untuk permasalah tersebut.

Saat ini sudah tersedia banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai aplikasi monitoring system, seperti SolarWinds, Nagios, atau lainnya. Namun, sayangnya beberapa dari daftar tersebut memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal.

Tentunya ini akan menjadi kendala, khususnya untuk perusahaan yang baru berkembang. Oleh karena itu, hadir beberapa software monitoring berbasis open source yang bisa digunakan secara gratis, seperti Zabbix.

Apa itu Zabbix?

Zabbix
Zabbix

Zabbix merupakan software monitoring system berbasis open source yang bisa digunakan secara gratis tanpa harus membayar biaya berlangganan.Β  Meskipun gratis, namun fitur-fitur yang dibawa Zabbix ke dalam sistem mereka tidak bisa diremehkan.

Saat ini Zabbix tidak hanya bisa berfungsi sebagai Network Monitoring System atau NMS saja. Tetapi, kini Zabbix sudah mendukung monitoring untuk keperluan Server, Cloud, Aplikasi, Services, Database, SLA, dan masih banyak lainnya.

Dengan banyaknya dukungan tersebut, maka tidak heran jika di beberapa perusahaan yang sudah cukup besar masih mempercayakan Zabbix sebagai aplikasi monitoring mereka. Karena memang, fitur yang diberikan juga sangat bersaing.

Fitur dan Kelebihan Zabbix

Zabbix Monitoring System
Zabbix Monitoring System

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Zabbix dibekali dengan beragam fitur yang sangat membantu. Lebih lengkapnya terkait fitur utama dari Zabbix, silahkan simak berikut ini.

1. Network Performance

Dalam fitur ini, Zabbix memiliki fungsi utama untuk melakukan monitoring terhadap penggunaan bandwidth dan banyaknya packet loss yang terjadi. Selain itu, melalui fitur ini kamu juga bisa melihat utilisasi penggunaan CPU dan Memory.

2. Network Health

Melakukan pengecekan dan perawatan terhadap kondisi perangkat sangat penting untuk dilakukan. Namun, meski sudah dilakukan, terkadang perangkat tiba-tiba mengalami gangguan dan telat diketahui oleh administrator.

Dengan Zabbix, kita bisa mengetahui gangguan yang terjadi dengan lebih cepat. Contohnya, seperti link down, terdapat warning pada log, atau masalah sistem dan hardware lainnya bisa dideteksi dengan cepat oleh Zabbix.

3. Configuration Changes

Dalam perusahaan, biasanya kita tidak bekerja sendiri. Melainkan terdapat beberapa tim dan memiliki akses ke perangkat yang sama. Untuk mengetahui histori dari tiap perubahan yang terjadi, kamu bisa memonitornya melalui Zabbix.

Jadi, apabila terdapat suatu perubahan yang menyebabkan impact dan tidak direncanakan sebelumnya, maka kamu bisa mengetahui siapa yang melakukan perubahan tersebut dan apa perubahan terakhir yang dilakukan.

4. Kompatibel Banyak Brand

Dukungan Brand Zabbix
Dukungan Brand Zabbix

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih sistem monitoring adalah dukungan terhadap perangkat yang kita gunakan. Biasanya dalam perusahaan tidak hanya menggunakan perangkat dari satu brand saja.

Saat artikel ini ditulis, kurang lebih brand umum yang sering temukan, seperti Cisco, HPE, IBM, Linux, Juniper, Huawei, dan masih banyak lainnya sudah dapat didukung melalui satu platform ini. Jadi, cukup satu dashboard untuk monitoring keseluruhan.

Cara Download Zabbix

Untuk bisa melakukan download dan instalasi Zabbix, kamu bisa langsung mengunjungi halaman download resminya. Disana kamu akan diminta untuk memilih jenis server yang digunakan serta lainnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir kesulitan dalam tahap instalasi Zabbix server. Pada halaman yang sama juga telah disediakan tahapan dari awal instalasi hingga siap digunakan. Selebihnya, kamu bisa cek halaman dokumentasi Zabbix.


Sumber Link